PENGISIAN SURVEI LINGKUNGAN BELAJAR 2022
Dalam rangka pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) 2022, seluruh kepala
satuan Pendidikan dan pendidik (guru) diwajibkan mengisi instrumen Survei
Lingkungan Belajar. Seluruh guru di SMPN 5 Kalukku, Kabupaten Mamuju Sebanyak 17 pendidik ikut pada survei
tersebut melaksanakan Pengisian Survei Lingkungan Belajar Tahun 2022, di
Laboratorium, Senin (15/8/2022) dalam rangka pelaksanaan Asesmen Nasional (AN)
Tahun 2022 melalui laman https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/
Untuk login ke laman
tersebut, setiap pendidik memasukkan NPSN, Token, NIK dan tanggal lahir yang
sehari sebelumnya sudah dibagikan oleh KTU. Pertanyaan yang muncul pada laman
tersebut terdiri dari 3 paket yaitu paket A, paket B dan paket C. Paket A
terdiri dari 106 pertanyaan, paket B sebanyak 89 pertanyaan dan paket C
sebanyak 97 pertanyaan.
Seluruh kepala satuan pendidikan dan pendidik
(guru) jenjang pendidikan dasar dan menengah diwajibkan mengisi jawaban dari
seluruh pertanyaan di dalam survei, hal ini tertuang di dalam Surat Edaran
Pemberitahuan Pengisian Survei Lingkungan Belajar 2022 yang diterbitkan Badan
Standar, Kurikulum, dan Asesmen Nasional (BSKAP) bernomor
3336/H.H4/SK.01.01/2022 pada 1 Agustus 2022. Edaran Pemberitahuan Pengisian SLB
Tahun 2022 secara khusus ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, dengan jadwal
sebagai beikut:
No. |
Jenjang Pendidikan |
Waktu Pelaksanaan |
1. |
SMA/SMK/SMALB/Paket C sederajat |
1-10 Agustus 2022 |
2. |
SMP/SMPLB/Paket B sederajat |
11-20 Agustus 2022 |
3. |
SD/SDLB/Paket A sederajat |
22-31 Agustus 2022 |
Perlu diketahui terkait asesmen nasional, Survei ini bertujuan untuk
memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas
maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga hasil AN 2022 memberikan
informasi komprehensif mengenai input dan proses pembelajaran. Tingkat
partisipasi dan keterisian instrumen survei sangat berpengaruh terhadap
hasil analisis dan pelaporan mengenai input dan proses pembelajaran tersebut.